- SERI PAUD -
Diklat Teknis Mendongeng

Fasilitas yang didapatkan Selama Mengikuti Diklat Teknis Mendongeng

Peserta mendapatkan penjabaran materi yang aplikatif dalam bentuk bentuk digital berupa teks narasi, infografis, modul dan video serta tes awal dan tes akhir yang dapat digunakan oleh peserta untuk mengukur pemahaman


Tujuan Diklat Teknis Mendongeng

Meningkatkan kompetensi pendidik anak usia dini dalam hal:

  • Memahami konsep mendongeng;
  • Keterampilan mendongeng; dan
  • Menerapkan metode mendongeng dalam pembelajaran anak usia dini.

Pola Diklat Teknis Mendongeng

Konten Digital

Pembelajaran tidak membosankan dengan animasi menarik yang dilengkapi interaksi.

Lebih Fleksibel

Peserta dapat menyesuaikan waktu belajar di tengah kesibukan mengajar.

Lebih Konsisten

Mendorong peserta melakukan pembelajaran mandiri dan kolaboratif secara konsisten dan terstruktur.

User Friendly

Bagaimana sistem bahan belajar mandiri disajikan dengan mengedepankan konsep User Friendly (mudah, ringan, ringkas).

Pendekatan Pedagogi

Bagaimana pendekatan pedagogi belajar mandiri secara daring menggunakan konstruktivisme sosial (Social Constructivism) melalaui komunitas pembelajaran (Learning Community).

Tahapan Diklat Teknis Mendongeng

Tahap 1

Setiap peserta wajib memiliki akun SIMPKB;

Tahap 2

Setiap peserta wajib melakukan proses registrasi melalui laman https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id/ dengan memilih jadwal pelaksanaan yang telah ditentukan;

Tahap 3

Setiap peserta wajib mengikuti kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwal.

Tahap 4

Apabila peserta belum menuntaskan serangkaian proses pembelajaran sesuai rentang jadwal pelaksanaan, maka dinyatakan tidak lulus oleh sistem secara otomatis;

Tahap 5

Peserta yang sudah menuntaskan serangkaian proses pembelajaran dan melakukan tes akhir dengan nilai minimal 70 akan mendapatkan sertifikat telah mengikuti Diklat Teknis Mendongeng;

Tahap 6

Peserta yang mendapatkan nilai tes akhir kurang dari 70 diberi kesempatan untuk mengulang tes akhir hingga lulus.Peserta yang mendapatkan nilai tes akhir kurang dari 70 diberi kesempatan untuk mengulang tes akhir hingga lulus.

Struktur kurikulum diklat teknis mendongeng terdiri dari:

I. Materi Kebijakan

Materi Kebijakan ditujukan untuk membekali peserta dengan informasi Kebijakan Peningkatan Kompetensi Guru PAUD dan Dikmas khususnya dalam hal teknik mendongeng.

II. Materi Inti
Materi inti membekali peserta dengan kemampuan memahami, memaknai dan menerapkan teknik keterampilan mendongeng yang terdiri atas:
  • Konsep Dasar Mendongeng, menjelaskan tentang pengertian mendongeng, persiapan mendongeng, mendongeng dalam pembelajaran.
  • Strategi Mendongeng, memaparkan tentang mendongeng sebagai salah satu metode pembelajaran, teknik mendongeng, penggunaan media dalam mendongeng, dan kreativitas dalam mendongeng.
  • Penerapan Mendongeng di PAUD, mendeskripsikan pendidikan karakter melalui mendongeng, mendongeng dalam aspek perkembangan anak, mendongeng dalam tema pembelajaran, dan evaluasi penerapan mendongeng.
III. Materi Penunjang

Materi penunjang berupa rencana tindak lanjut (RTL), merupakan gambaran kegiatan yang akan peserta lakukan setelah mengikuti diklat teknis mendongeng, diantaranya mengembangkan dan memasyarakatkan kegiatan mendongeng, mengingat pentingnya manfaat mendongeng untuk menstimulasi perkembangan anak.

Hasil yang diharapkan Setelah Mengikuti Diklat Teknis Mendongeng

Meningkatnya kompetensi peserta diklat dalam hal:

  • Memahami konsep mendongeng;
  • Keterampilan mendongeng; dan
  • Menerapkan metode mendongeng dalam pembelajaran anak usia dini.

Persyaratan Peserta Diklat Teknis Mendongeng

  • Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD;
  • Kualifikasi pendidikan minimal SMA dan/atau sederajat;
  • Pendidik PAUD yang telah memiliki pengalaman sebagai pendidik minimal selama 1 (satu) tahun;
  • Memiliki akun SIMPKB;
  • Memiliki perangkat IT pendukung pelatihan moda daring;
  • Memiliki akses internet;
  • Memiliki kemampuan dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Cara Belajar

  1. Moda Diklat
    Moda diklat teknis mendongeng adalah berbasis Massive Open Online Course (MOOC) pada laman https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud .go.id/ Pembelajaran dilakukan secara mandiri didalam sistem.
  2. Strategi pembelajaran yang digunakan dalam diklat teknis mendongeng secara daring meliputi langkah:
    • Pelajari
      Pada tahap pelajari, peserta diminta untuk mengunduh dan mempelajari materi-materi yang diberikan secara mandiri. Peserta akan diberi akses pada materi berbasis web yang telah disusun sedemikian rupa sehingga memudahkan untuk dipahami guru. Materi yang disajikan dalam laman berupa video, teks naratif, infografis, dan media dengar (audio). Materi yang ditampilkan hanya berupa potongan-potongan materi esensial (?) (ada upload modul dari keseluruhan materi di dalam modul belajar. Dengan bentuk materi seperti ini diharapkan agar para pendidik lebih mudah memahami isi materi dan tidak memberatkan perangkat.
    • Kerjakan
      Pada tahap kerjakan, peserta diminta untuk mengerjakan bermacam-macam penugasan dan pemantik untuk memperkuat pemahaman serta memberikan panduan implementasi di unit kerja masing-masing. Pemantik tersebut berupa kasus, soal latihan, atau penugasan, yang harus selalu diakhiri dengan melibatkan telaah sejawat sebelum dikumpulkan.
    • Telaah sejawat
      Pada tahap telaah sejawat, peserta diminta untuk melibatkan rekan-rekan sejawatnya agar menelaah hasil tugas yang dikerjakannya. Melalui telaah sejawat ini diharapkan dapat memperkaya pemahaman materi peserta yang diperoleh dari sudut pandang lain.
    • Laporkan
      Pada tahap laporkan, peserta diminta untuk melaporkan proses dan hasil pembelajaran di dalam diklat ini. Pelaporan berupa portofolio dari hasil kerja penugasan

Cara Mendapatkan E-Sertifikat

Sertifikat kelulusan Diklat teknis Percepatan Penurunan Stunting akan diberikan kepada peserta yang telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sebagaimana yang telah ditetapkan

Jadwal Pelaksanaan

Berikut Adalah Jadwal Pelaksanaan Program Berdasarkan Tahapannya
BELUM ADA JADWAL